Tuesday 16 June 2020

Surganya Indonesia Banget, Pulo Cinta Gorontalo

Hello Guys, masa kalian tau ga sih kalo Indonesia punya Eco Resort secantik Maldives? Ini nih yang mau aku ceritakan gimana sih indahnya Pulo Cinta? Butuh budjet berapa? Sama apa aja yang harus kalian siapin sebelum liburan kesini? 

Pulo Cinta Gorontalo
Pulo Cinta Gorontalo pic by @

walidestinations

 
Yang pertama kalian harus tau dulu “kok bisa sih ada Pulo Cinta?”, 
Pulo Cinta punya sejuta pesona wisata yang luar biasa romantis, berada di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Pulau Sulawesi. Katanya sih dulu disini merupakan lokasi pertemuan rahasia antara Pangeran Gorontalo dengan seorang putri dari pedagang Belanda pada masa perang, dan kalo kedua kubu lagi perang, mereka terpaksa kabur kesini untuk bercinta. Itulah mengapa pulau ini dinamakan dengan nama Pulo Cinta. Awalnya, disini cuma sebuah pulau yang ga ada penghuninya, tapi pemerintah setempat bekerja sama dengan swasta menyulap tempat ini menjadi pusat pariwisata dengan mendirikan 15 Eco Resort berbentuk love yang ditargetkan khusus bagi wisatawan yang sedang berbulan madu. 

Pulo Cinta
Pulo Cinta by @Luxurybackpacking

Kenapa sih kok disebut Eco Resort? 
Karena semua kebutuhan energi listrik yang digunakan dilokasi ini menggunakan Surya Panel yang bersumber dari panasnya terik matahari, dan kebutuhan alat mandi kaya sabun samponya bersifat organik. Selain itu, semua pembuangan limbahnya tidak dibuang langsung ke laut agar tidak merusak ekosistem yang ada didalamnya. 

Maldives Gorontalo
Pulo Cinta by @Cechyliasoo

Fasilitas apa aja sih yang ada disana? Sama apa sih yang harus disiapain? 
Saat ini fasilitas Televisi dan Wifi sudah dihilangkan dikarenakan badai dan petir, jaringan internet yang tersedia cuma ada produknya telkomsel, fasilitas snorkling lengkap bisa langsung nyebur depan cottage, kapal untuk keliling pulau, makanan dan snack ringan, minuman dan semua alat mandi kalian, note buat kalian ga boleh pake sabun sampo dari luar kecuali organik. dan untuk berlibur kesini kalian harus udah pesen duluan. Ga direkomendasikan langsung kesini tanpa pesan/konfirmsi terlebih dahulu karena takutnya semua cottage udah penuh. 

Wisata Gorontalo
Pulo Cinta by @Pulocintagorontalo

Gimana caranya kesini? Terus berapa sih budjet nya? 
Balik dulu ke kalian mau ngapain kesini? Maksudnya apa sekedar mampir pengen hunting foto/video? Atau menginap beberapa hari?. Kalo Cuma hunting foto kalian bisa mampir dengan budjet sekitar Rp 2.5 juta dengan fasilitas kapal dari dermaga ke lokasi, makan minum, snorkling. 

Tapi rasanya ga puas banget jauh jauh dateng kesini kalo ga nginep. Beda tipis kok.
Untuk menempuh perjalanan ke pulau cinta kalian bisa memulai dengan melalukan penerbangan ke Bandara Djalaludin Gorontalo. Setibanya di bandara, kalian akan dijemput pihak pengelola Pulo Cinta menggunakan mobil menuju Kabupaten Boalemo sekitar 2 jam perjalanan. Setiba dilokasi kalian naik kapal sekitar 15 menit. Untuk menginap disini kalian harus mengeluarkan kantong yang lumayan besar dengan kisaran Rp 3jt s.d 5jt perharinya yang sudah termasuk semua fasilitas yang kalian butuhkan disana. 

Pulo Cinta Gorontalo
Pulo Cinta by @menatrovatello_

Ada tiga jenis cottage, yaitu tipe satu kamar, dua kamar dan tiga kamar. Setiap cottage punya teras dan ruang keluarga plus tempat duduk yang santuy banget. Ada pilihan sunrise view dan sunset view. Jadi suka suka kalian lah yang maunya yang mana. 

Traveling Gorontalo
Pulo Cinta by @Ema_outsider

Tepat di sisi lain dari Pulau Cinta adalah kawasan hutan yang cukup teduh. Kawasan hutan tersebut bisa kalian gunakan untuk jalan jalan kaki mengililingi pulau yang disambut dengan keramahan penduduk setempat  atau kalian juga bisa kelilingin pulau ini pake perahu, yaaaa sekitar sekitar satu jam an lah. 

Ya itulah yang bikin betah disini, suka snorkling tinggal nyemplung depan cottage, ikannya banyak, airnya juga jernih kalo bosen kalian bisa jalan kaki kelilingi pulau yang teduh banyak pohonnya, kalo laper kalian udah disiapin makan minum dan snack, bisa juga ngumpul dikantin. Oh ya satu lagi, kalian bisa reques untuk disiapkan makan malam romantic khusus berdua pinggir pantai, trus ada lampu lampunya gitu ditambah lagu lagunya dan pas liat ke langit kalian bisa langsung liat bintang bintang, ahhh romantis banget pokoknya. 

Pulo Cinta
Pulo Cinta by @Danielvertiz


Masih banyak sih yang mau aku tulis soal Gorontalo selama disini, jadi tunggu aja postingan selanjutnya ya …. Sementara aku cantumin dulu beberapa wisata yang mau aku tulis dibawah dan terima kasih

Taman Wisata Laut Olele
Pantai Botu Barani
Pulau Saronde
Wisata Bahari Hiu Paus
Pasir Putih Leato
Pantai Tangga 2000
Pantai Indah Boalemo
Pantai Botutonuo
Pantai Dunu
Pantai Mananggu
Pantai Bolihutuo
Teluk Tomini Gorontalo
Wisata Pulau Bitila Gorontalo
Pacuan Karapan Sapi
Masjid Walima Emas Gorontalo
Desa Adat Bubohu
Benteng Otanaha
Menara Pakaya Limboto atau Menara Keagungan Limboto
Pusat Karawo
Pacuan Karapan Sapi
Wisata Bukit Layang Gorontalo
Masjid Walima Emas
Desa Wisata Religi Bongo
Desa Suku Bajo (Desa Torosiaje)
Monumen Nani Wartabone
Tempat Wisata Rumah Adat Gorontalo
Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo
Danau Limboto
Pemandian Air Panas Lombongo
Air Terjun Ayuhulalo
Air Terjun Taluda’a
Air Terjun Hiyaliyo Da’a
Air Terjun Permai Taludaa
Air Terjun Tenilo
Wisata Kolam Renang Potanga Gorontalo


No comments:

Post a Comment